Home » » MENGAKAL SENSOR PRITER BROTHER

MENGAKAL SENSOR PRITER BROTHER

Written By Unknown on Jumat, 13 Desember 2013 | 21.35


Nah,,,kita berjumpa lagi kawan pada pertemuan kali ini,,
kali ini saya akan membahas tentang permasalahan yang sering terjadi pada printerlaser brother,,
kali ini saya akan memberi sedikit tips tentang cara mengakal sensor pada toner printer brother,,
caranya mudah  saja. Tapi sebelumnya saya terangkan dulu cara kerja sensor toner seperti gambar dibawah ini :
hl2040-sensor-custom
Pada body toner printer brother dengan seri HL 2040 ini pada samping kanan dan kirinya mempunyai sensor infra merah yang jika cartridge dimasukkan ke printer maka sensor pemancar IR dan penerima IR akan terlihat secara garis lurus melalui lubang pendeteksi toner di cartridge.
Jika bubuk toner di cartidge penuh, maka sensor penerima IR tidak menerima sinar infra merah dari pemancar. Oleh karena itu indikator toner tidak akan menyala dan printer akan bekerja secara normal.
hl2040-sensor-low-custom
Sedangkan jika bubuk toner sudah hampir habis maka seperti gambar diatas antara pemancar IR dan penerima IR tidak terhalang apa-apa. Oleh karena itu penerima IR akan menerima sinar infra merah dari pemancar dan mengaktifkan indikator toner dan menghentikan kerja printer. Cara kerja sensor ini mirip seperti remote control TV kita. Jika LED infra merah pada remote dihalangi maka televisi akan bungkam tidak merespon perintah dari remote control.
Itulah mengapa jika bubuk toner tidak menyebar merata kadang sensor kekurangan toner akan bekerja. Dengan menggoyang cartridge maka bubuk akan kembali menutupi “pandangan” sensor.
Mungkin sewaktu kita sedang bekerja dan dikejar deadline kita tidak mungkin mengganti/mengisi toner dulu baru melanjutkan pekerjaan mencetak. apalagi kalau sudah malam, hujan lagi. Jadi kita akali saja sensornya !!
Dengan melihat cara kerja sensornya seperti itu maka gampang saja mengakalinya. Kita tutup saja sensornya!! Maka si sensor akan mengira bubuk toner masih ada. Berikut cara-caranya yang sesuai dengan printer Brother HL 2040 (tidak menutup kemungkinan model lainnya juga sama cara kerjanya)
1. Buka/keluarkan cartridge HL 2040. cara membukanya konsultasikan dengan buku manualnya
81201173596
2. Lihat lubang “penglihatan” sensor IR pada samping kanan dan kiri cartridge :
812011737552
8120117386723. Tutup salah satu lubang sensor (kalau saya menutup lubang di sisi kanan dilihat dari atas cartridge) dengan solatip/isolasi hitam :
812011738964. Beres dech !!!
Dengan cara ini maka sensor akan tertipu dan mengira toner masih penuh. Padahal kita telah menutupi sensornya
5. Jangan lupa masukkan cartridge kembali ke printer.
6. Tinggal coba dech,,,,

mudah2an berhasil ya!!!!!!!
good luck

0 komentar:

Posting Komentar